Pengikut

Resep ayam kundur khas tanah karo



       Di tanah karo Sumatera utara masyarakat suku batak karo banyak menanam buah kundur. Di daerah lain buah kundur dikenal juga dengan buah beligo. Buah ini termasuk dalam labu-labuan. Umumnya bentuknya lonjong di luar terlihat keras dan berwarna hijau. Dagingnya berwarna putih. Bila dimakan akan terasa segar. Buah kundur dapat disimpan dalam jangka waktu lama karna kulitnya yang keras.  


     Selain banyak mengandung air, dan vitamin buah ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya mencegah flu, penyakit jantung, anti oksidan dan menjaga pertahanan tubuh. 

       Bila di perkampungan buah ini banyak disimpan untuk dimasak menjadi pengganti sayuran karna lembut dan terasa segar. Menurut cerita para orang tua buah ini lebih banyak dimasak dengan gulai ayam atau ikan. Sayur gulai ayam kundur terasa nikmat dimakan bersama keluarga sambil bertukar cerita akan menghilangkan penat setelah bekerja. Buah kundur menjadi masakan tradisional suku batak karo yang banyak digunakan pada masakan di acara-acara adat. 

       Kali ini saya akan membagikan resep masakan rumahan gulai ayam memakai buah kundur. 


Bahan-bahannya

1. Ayam potong

2. Buah kundur

3. Santan kelapa 

4. Daun kemangi

5. Irisan tomat

6. Daun jeruk




Bumbu-bumbu yang dihaluskan

1. Bawang merah

2. Bawang putih

3. Cabai merah dan cabai rawit

4. Kemiri

5. Kunyit



Bumbu-bumbu yang di geprek

1. Sereh

2. Asam cikala

3. Lengkuas 


Cara memasaknya; 

1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum

2. Masukkan bumbu yang di geprek 

3. Masukkan ayam tumis dengab bumbu hingga setengah masak

4. Masukkan santan beri garam lalu masak. 

5. Bila santan mulai mendidih masukkan buah kundur. Jangan lupa untuk di aduk supaya santan tidak pecah. 

6. Bila buah kundur mulai lunak masukkan daun kemangi. Masak hinga lembut dan angkat. 

   Sayur gulai ayam kundur ini terasa nikmat dimakan dengan nasi putih hangat. Buah kundur yang digigit akan terasa segar di mulut  berpadu dengan rasa pedas asam dari kuah gulainya. Berkunjung ke tanah karo belum lengkap bila belum makan gulai ayam kundur. 

3 komentar:

  1. Kirain buah mangga, baru tahu buah ini untuk campuran masakan sayur 🙃

    BalasHapus
  2. Bligo ya, sudah nggak pernah lagi makan buah bligo. Di kampungku, buah bligo sering tumbuh liar di dekat kali. Kalau berbuah, buahnya melimpah dan besar-besar. Biasanya cuma dimasak santan atau tumis biasa.. nggak ada yang tahu cara membuatnya istimewa. Trims sudah berbagi, Mbak Ira..

    BalasHapus